Minggu, 04 Maret 2012

Emcycle - Gabungan Mobil dan Sepeda


Inggris - Situasi jalanan di perkotaan yang semakin padat membuat desainer merancang kendaraan yang praktis. Salah satunya ditunjukan oleh Emcycle dari perusahaan British Leyland yang di desain sebagai mobil konsep mobil personal masa depan.


Emcycle sendiri adalah sebuah kendaraan unik yang memiliki konsep elektrik hybrid yang menggabungkan mobil dan sistem penggerak sepeda kayuh. Konstruksi kaki-kakinya memiliki tiga roda dan body komposite bersasis monokok, yng mirip mobil.

Sebagai penunjang handling, Emcycle menggunakan suspensi pada dua roda depan serta di belakang. Untuk bobotnyaa, Emcycle memiliki berat total 36 kg, dan mampu mengangkut beban 144 kg termasuk pengguna.

Bodi tersebut di desain pipih dan lincah, sehingga cocok untuk selap-selip di kemacetan. Oiya, sebagai mobil personal, kabin Emcycle hanya bisa menampung seorang penupang saja lho, karena kabinnya cukup sempit.


Sumber penggeraknya, Emcycle dibekali pedal sepeda yang berguna untuk mengisi baterai motor 500 W. Saat sistem elektrik nya bekerja, Emcycle dapat berlari hingga 25 km/jam.

Michael Scholey, Direktur R&D Britis Leyland, menyatakan bahwa Emcycle dirancang lama sebagai andalan komuter masa depan. “Kendaraan ini juga memungkinkan semua orang untuk berkendara lebih aman daripada memakai sepeda biasa."

0 komentar:

Posting Komentar