Rabu, 30 Mei 2012

Install Linux Ubuntu 11.04 (Natty Narwal) Desktop


Berikut hal-hal yang dibutuhkan untuk menginstall Linux Ubuntu 11.04 (Natty Narwal):
  1. CD Ubuntu 11.04 atau USB bootable Ubuntu 11.04.
  2. PC atau Notebook dengan spesifikasi seperti berikut:
    1. CPU : Pentium III or higher
    2. RAM : 512Mb or higher
    3. Hardisk : Minimal 8Gb or higher
Jika hal-hal yang dibutuhkan sudah lengkap,berkut langkah-langkah menginstall Ubuntu 11.04:

Langkah 1

Nyalakan PC / Laptop Anda yang akan diinstal Ubuntu 11.04, masukkan CD Installer Ubuntu 11.04 ke dalam CD/DVD ROM atau USB bootable, pastikan first boot pada settingan BIOS adalah CD/DVD ROM (untuk CD installer) atau Removable disk (untuk USB bootable).

Langkah 2

Tunggu proses booting yang berlangsung dari CD/USB, hingga muncul tampilan seperti gambar di bawah. Jika Anda ingin mencoba Desktop Ubuntu 11.04 klik tombol Try Ubuntu, karena kita ingin menginstal langsung, maka pilih / klik tombol Install Ubuntu.


Langkah 3

Akan muncul informasi mengenai persiapan untuk menginstall Ubuntu, yaitu size harddisk untuk Ubuntu 11.04 paling sedikit berkapasitas 4,4 GB, terhubung ke sumber listrik.Klik tombol Forward untuk melanjutkan. 
 
 
Langkah 4
 
Pada langkah ini terdapat 2 opsi yaitu:
  1. Erase disk and Install ubuntu (opsi ini akan menghapus semua data di disk)
  2. Something else (anda dapat memilih,membuat,menghapus partisi secara manual)
Jika PC/notebook anda sudah terinstall OS yang lain dan ingin mengggunakan dual OS, pilih Something else, klik tombol Forward untuk melanjutkan.
 

Langkah 5

Pilih partisi yang ingin dijadikan partisi swap dan partisi system atau partisi / (dibaca : root) (jika sudah siap langsung langkah 8).Jika partisi belum siap,berikut cara membuat partisi baru.Klik tombol New Partition Table untuk membuat tabel partisi baru supaya bisa dibuat partisi di dalamnya.
 
 
Langkah 6
 
Akan muncul pesan konfirmasi apakah kita akan membuat tabel partisi atau tidak, klik tombol Continue untuk melanjutkan.
 
 
Langkah 7
 
Pilih / klik pada tulisan free space untuk membuat partisi pada space Harddisk yang tersedia, kemudian klik tombol Add untuk membuat partisi baru.
 

Langkah 8

Partisi yang pertama kali dibuat adalah partisi swap, untuk membuat partisi swap, pada tipe partisi pilih Primary. Masukkan besar size partisi yang akan dibuat, karena besar RAM yang Saya gunakan adalah 512 MB, maka besar partisi swap yang Saya buat adalah 2x lipat RAM atau 1024 MB. Pada lokasi partisi pilih Beginning. Kemudian pada use as, pilih swap area. Klik tombol OK.
 
 
Langkah 9
 
Partisi swap telah dibuat, partisi selanjutnya yang akan dibuat adalah partisi / . Seperti langkah sebelumnya, klik pada tulisan free space atau area size kosong pada harddsik, kemudian klik tombol Add untuk menambahkan partisi.
 
 
Langkah 10
 
Untuk membuat partisi /, pada tipe partisi pilih Primary. Masukkan besar size yang akan digunakan untuk partisi /, besar partisi yang Saya buat adalah sisa dari size Harddisk yaitu 7565 MB. Pada lokasi partisi pilih Beginning. Kemudian pada use as, saya sarankan anda pilih Ext 4 Journaling file system.Selain ext4 anda juga bisa pilih ext3,ext2 tapi saya sarankan anda memilih ext4 agar lebih optimal dan stabil.Pada Mount point, pilih / . Klik tombol OK.
 
 
Langkah 11
 
Partisi yang diperlukan sudah dibuat, kemudian klik tombol Install Now untuk melanjutkan ke langkah proses instalasi Ubuntu 11.04.
 
 
Langkah 12
 
Pilih area di mana Anda berada.Jika sudah klik tombol Forward untuk melanjutkan.

Langkah 13

Pilih layout keyboard yang digunakan, keyboard yang biasa digunakan orang pada umumnya adalah keyboard QWERTY atau standar USA. Kemudian klik tombol Forward untuk melanjutkan.
 
Langkah 14

Langkah terakhir untuk proses setup instalasi Ubuntu 11.04 adalah membuat username untuk login di Ubuntu 11.04. Masukkan nama Anda, nama komputer Anda, username dan password. Kemudian klik tombol Forward untuk melanjutkan.
 
 
Langkah 15
 
Tunggu proses instalasi Ubuntu 11.04 .

Langkah 16

roses instalasi Ubuntu 11.04 sudah selesai, klik tombol Restart Now, untuk merestart komputer Anda.
 
 
Ubuntu 11.04 siap digunakan ."SEMOGA BERMANFAAT"

 

0 komentar:

Posting Komentar